Cara memilih tepung terigu protein sedang

 Anda pasti tidak asing dengan yang namanya tepung terigu, yang salah satunya tepung terigu protein sedang atau tepung serbaguna. Namun tahukan Anda bagaimana cara memilih yang tepat? Memastikan tepung serbaguna yang dibeli berkualitas tinggi, perhatikan hal berikut:

  • Pilihlah yang berwarna putih pucat atau putih kekuningan

Pada umumnya tepung terigu memiliki warna yang sama yakni putihi pucat atau kekuningan. Namun terkadang ketika membeli dalam kemasan kiloan bisa tertukar dengan jenis tepung lainnya. Tepung beras memiliki warna putih yang agak bening sedangkan tepung beras ketan  berwarna putih gading.

Tidak masalah jika hanya tertukar dengan jenis tepung lainnya. Anda bisa menukar arau membeli yang baru. Sialnya jika salah membeli pada tepung terigu yang kualitasnya buruk. Warna tepung yang kusam menandakan kualitasnya sudah menurun. Maka jangan sampai salah memilih.

  • Pastikan tekstur tidak menggumpal

Setelah warna pastikan tekstur tepung terigu yang dibeli tidak menggumpal. Tekstur ini bisa dirasakan dengan menggenggam sedikit saja. Jika tepung memiliki tekstur halus dan menempel di tangan, artinya tepung tersebut layak dikonsumsi.

Sebaliknya jik tepung terigu yang akan dibeli menggumpal itu menandakan tepung sudah cukup lama atau tidak fresh. Sebaiknya hindari tepung terigu tidak berkualitas.

  • Hindari tepung yang berbau apak

Selanjutnya dilihat dari aromanya dapat dengan mudah merasakan kualitas tepung terigu. Jika tepung terigu memiliki kualitas baik tidaak akan berbau. Sedangkan yang berkualitas jelek akan memiliki bau dan aroma yang tidak apak

Bau pada tepung terigu yang apak disebabkan tepung tersebut sudah tercemar jamur atau mikroorganisme seperti kutu, ulat, belatung, dan semacamnya.

  • Perhatikan fortifikasi pangannya

Selanjutnya terdapat pada kemasan tepung terigu biasanya ditemukan tulisan “difortifikasi” dengan zat gizi tertentu. Fortifikasi adalah proses penambahan zat gizi mikro ke dalam bahan pangan. Proses ini memudahkan  untuk  melakukan mengembalikan zat-zat gizi yang hilang saat proses pengolahan sekaligus memperkaya kandungan nutrisi.

Itu dia cara memilih tepung terigu yang benar dan tenyata berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *