5 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung, Sudah Pernah Coba?

Ketika Anda selesai berwisata di satu lokasi, tentu satu hal tidak mungkin Anda lewatkan sebelum pulang. Belanja oleh-oleh. Kegiatan yang sudah menjadi tradisi di Indonesia ini selalu dilakukan, kemanapun kunjungannya. Ketika di Bandung, tentu saja agenda terakhir sebelum pulang adalah belanja oleh-oleh khas Bandung untuk sanak famili dan orang terdekat.

Sebenarnya oleh-oleh khas Bandung juga tak jauh dari kulinernya yang sedap. Meski tentu banyak jenis oleh-oleh lain yang tak kalah menarik, namun mari kita berfokus pada makanan-makanan yang bisa jadi oleh-oleh.  Beberapa yang sudah kami rangkum, dan memiliki daya tahan yang cukup lama, adalah sebagai berikut.

Tahu Susu Lembang

Mengapa tahu susu jadi opsi oleh-oleh khas Bandung? Karena tahu susu yang diproduksi di Lembang ini benar-benar memiliki tekstur yang khas dan tidak ditemukan di tempat lain. Lembut, bernutrisi, dan juga mudah diolah ke dalam berbagai bentuk masakan lain, tahu susu dari Lembang cocok untuk menjadi oleh-oleh.

Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa berbelanja tahu susu ketika Anda berkunjung ke Lembang. Selama penyimpanan, sebisa mungkin letakkan di lemari pendingin sehingga suhunya tetap terjaga. Jika tetap disimpan di dalam suhu rendah, tahu susu ini bisa tahan beberapa lama. Jadi tak perlu khawatir ya!

Anda juga akan mendapatkan wadah ketika membeli tahu ini, jadi akan memudahkan proses membawa dari Lembang kembali ke kota asal Anda tanpa harus repot tahu tersebut tercecer atau bocor di jalan.

Pisang Bolen

Pisang bollen juga salah satu oleh-oleh khas Bandung yang wajib Anda bawakan untuk sanak saudara di kota asal Anda. Dengan bahan dasar gandum, tepung, gula, dan pisang, diracik sedemikian rupa hingga menjadi bollen yang legit, dijamin lidah Anda akan menikmati setiap gigitannya.

Salah satu bollen yang paling terkenal di seantero Bandung mungkin adalah Kartika Sari. Dengan beberapa cabang yang tersebar, Anda bisa mendapatkan Pisang Bollen Kartika Sari dengan cukup mudah di sepanjang jalan Bandung atau di pusat-pusat wisata. Selain berisi pisang, beberapa varian juga ditawarkan dengan tambahan isian keju, coklat, dan sebagainya.

Anda juga tak perlu cemas karena masa kadaluarsa bollen ini cukup lama. Jadi aman ketika Anda harus melakukan perjalanan yang cukup jauh sampai ke kota asal Anda. Jadi tak perlu takut untuk membeli oleh-oleh ini dalam jumlah banyak ya!

Peuyeum, Tape Singkong Khas Bandung

Tak lengkap rasanya jika kunjungan ke Bandung tak membawa pulang peuyeum. Jajanan khas Bandung ini merupakan singkong yang difermentasi hingga menjadi olahan baru. Tidak seperti tape singkong yang ada di Jawa Tengah, peuyeum memiliki konsistensi lebih solid dengan kadar air yang jauh lebih sedikit. Ini mengapa peuyeum diklaim lebih tahan lama.

Anda bisa mendapatkannya hampir di semua lokasi yang ada di Bandung. Peuyeum lebih mudah ditemui di tempat-tempat wisata, atau dataran yang lebih tinggi seperti Lembang. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak juga menjadi alasan mengapa Anda wajib membeli makanan yang satu ini.

Batagor dan Siomay

Well, sebenarnya bukan jenis oleh-oleh yang bisa dibawa untuk perjalanan jauh, tapi jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh khas Bandung yang satu ini maka disarankan untuk membeli pada versi frozen-nya. Tujuannya sederhana, agar batagor dan siomay yang Anda bawa bisa tahan sampai ke kota asal Anda tanpa harus rusak atau menimbulkan bau yang kurang sedap.

Tapi mengapa harus batagor dan siomay Bandung?

Untuk Anda yang belum pernah merasakan nikmatnya batagor dan siomay asli Bandung pasti akan bertanya-tanya soal ini. Rasa yang nikmat dengan perpaduan bumbu kacang pedas yang kental akan jadi sensasi tak terlupakan. Bahkan penjual batagor dan siomay dengan gerobak saja rasanya sangat nikmati, apalagi yang dijual dalam versi frozen dari toko-toko modern.

Wajit, bukan Wajik ya!

Mungkin di Jawa Tengah atau Jawa Timur makanan ini dikenal dengan nama wajik, namun di Bandung, Anda akan menemukan Wajit sebagai oleh-oleh khas Bandung. Terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah, makanan ini nikmat disantap bersama segelas teh atau kopi panas sebagai partnernya.

Dengan harga yang terjangkau dan ketahanan yang cukup lama, wajit banyak dijadikan oleh-oleh untuk wisatawan yang berasal dari kota cukup jauh dari Bandung karena resiko basinya sangat rendah.

Nah itu tadi 5 oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda bawa pulang ketika suatu saat nanti berkunjung ke sana. Rencanakan liburan Anda ke Bandung dengan matang, bersama informasi menarik dan lengkap di situs Indonesia Travel. Akhir kata, tetap terapkan protokol kesehatan dengan ketat, dan mari rencanakan liburan dengan lebih baik untuk nanti ketika kondisi sudah kondusif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *